Pak Ichsan tetangga sebelah klinik, usia mungkin masuk kepala 4 akhir dan sudah punya 2 buntut, yang pertama baru masuk sma dan  yang kedua masih SD, isterinya sebaya dengan pak ischsan dan mereka berdua memang sehati sampe2 hobi beratnya sama,,merokok!!! Pak Ichsan,tensinya gak pernah dibawah 140/90 mmHg, Gula Darah Puasanya gak pernah dibawah 200mg/dL dan BMI termasuk kategori obess, akhirnya kemarin kena Stroke juga..pelo..perot..dan lumpuh anggota gerak sebelah kanannya. Well, merokok, obesitas, hipertensi, diabetes,,jelas banget hasil akhirnya Stroke,,tapi emang sulit membuat si pasien itu mengerti akan bahayanya faktor resiko yang ada di dirinya..udah dijelasin tapi jawabannya “iya si dok tensi saya tinggi dan gula saya juga tinggi,,tapi selama ini gak ada keluhan apa2 tu,,pusing2 aja gak pernah,,,kecapean apalagi,,tidur nyenyak2 aja” yang parahnya lagi kadang mereka bangga dengan hal itu,,sudah biasa kok dok,,220/110 gak apa2” Hallo!!Gak ada keluhan apa apa kok seneng,,,yang kayak gini yang malah bahaya,,ntar tiba2 jatuh trus gak bangun, mendingan si yang banyak keluhan inilah itulah kalo tensinya naik dikit mbuat si pasien inget n aware kalo dia punya hipertensi ato diabetes jenis pasien kayak gini yang rajin kontrol dan tidak jatuh sampai stroke,,Jenis pasien lain yang rajin kontrol adalah pasien yang orang tuanya atau keluarganya punya keturunan hipertensi atau diabetes melitus ataupun meninggal karena penyakit itu..

 

 

Stroke itu kejam banget menurut saya,, gimana nggak coba!? Pak Ichsan yang badannya segede bagong gt aja dibuat nangis berulang2 pas saya disana,,,stress banget kali ya…kepala keluarga,,kerjanya cuman di perushaan swasta aja,,lumayan si ada jamsosteknya,,tapi tetep aja yang namanya l.u.m.p.u.h. gak bisa ditukar dengan apapun. Nah,,bagi para perokok berat ataupun ringan kalian sedang menyulut bom bunuh diri tu,,lebih baik dari sekarang mulai rajin nabung2 buat pengobatan anda nanti kalo gak ya buat warisan orang2 yang akan anda tinggalkan dengan cepat,,,:(

NB: gak pengen nambahin apa2 deh..