Penggerebekan bumil2 (baca: ibu-ibu hamil) di pagi buta

setting cerita ini adalah hari senen jam 02.30 WITA di klinik saya tercinta tentu saja…

Hmmm,,, (hihi kata2 andalan yang dipakai kalo lagi bingung mau mulai dari mana)…. setelah lelah bepergian ke tanjung limau hari minggu saya memutuskan untuk tidur cepat..jam 21.00 wita sudah krukupan selimut..bener-bener terlelap..lap..lap.. (artinya saya  tidak bermimpi apapun dan siapapun)….

tiba-tiba seperti biasa antara sadar dan sadar terdengar suara ana sayup-sayup dari luar kamar  ‘dok..dokter’… dengan berat hati berusaha membuka mata dan bangun..fwiuh,,,dalam hati saya berpikir ‘ini..kalo bukan lahiran berarti kasus gawat darurat’….doh..ngantuk’e

keluar dari kamar,,,, ‘knapa na?’ Ana menjawab ‘lahiran 2 dok, yang satu sudah lengkap..’ ...sek..sek..sek..wait a minute,,,kehela,,,maksute kie opo?? tapi si ana sudah kburu turun kebwah, saya pun akhirnya turun menyusuri tangga dengan mata yang masih 5 watt alias masih kerlap kerlip..pas nyampe dibawah saya liat ada bumil lagi jalan-jalan dengan gaya yang khas (tangan kiwone megangi perute sing menggelembung sambil diputer-puter,,nek tangan kananne megangi pinggange,,,iso dibayangke ra? nek ra iso yo nasibmu mesti ra tau ndelok wong hamil gede)..lah kalo gaya macam ni ndak mungkin dia sudah pembukaan lengkap,,paling2 baru bukaan 3-4 aja..

Tapi kok dari arah ruang bersalin ada yang teriak2 dengan gaya yang khas (khas arep melahirkan maksute)… Olala.. baru dong (baca: ngerti) saya kalau ternyata ono 2 sing arep melahirkan,,sing siji wis lengkap sing ke2 durung lengkap..hihihi,,maklum baru bangun jadinya lola (baca: loading lama)

dengan mata yang masih aja bandel (pengen lengket aja ni kelopak atas ma kelopak bawahnya) mulailah memimpin persalinan wanita G4P3A0  bersama bidan ana dan bidan opa.. Dan akhirnya perintah khas (khas dalam memimpin orang bersalin juga maksutnya) pun keluar melalui suara cempreng saya “Bu nanti kalo ada rasa kenceng2 atau rasa sakit atau ada kontraksi perut langsung ngeden yang kuat yah,,, ****nya dibuka lebar-lebar tangannya narik kayak gini (sambil dicontohin).. kepalanya ngelihat perutnya ya jangan malah ditarik kebelakang,,terus ngeden aja kuat2 kayak orang mau buang air besar”… akhirnya,, rambut kepala babynya sudah muncul sang bapak pun dipanggil untuk memangku sang istri agar lebih enak posisinya..mulailah seisi ruang persalinan saling bersaut2an ‘ayo bu,,ngeden,,, nah gitu,,ayo disambung lagi.. ayo..ayo..!!’….’yah istirahat dulu sambil atur napas’…’ya lagi bu bagus,,, terus,,terus,,terus,,, kiri,,kiri (eh salah :p)…nah,,, yah sudah bu,,kepala babynya sudah keluar rileks aja..’ akhirnya setelah badannya di tarik keluar,, dan plasenta pun berhasil dikeluarkan,,,dan Alhamdulillah juga gak ada robekan,,Selesai sudah persalinan pertama 45 menit,,, hosah,,,,

bayi pertama lahir jm 03.40 permpuan (alhamdulillah ternyata tebakanku bener setelah melihat beberapa ciri2nya,,,mau tau apa yang dilihat!? hihi rahasia ah,,,;p kalo yang ini tidak untuk disampaikan ke publik), BB 3500 gram, panjang 51,, bayi gede,,lucu,,

waktu kutanya ibunya babynya dikasih nama siapa ‘Sonia dok..’ … saya cuman senyum saja ‘kependekan dari soni dan anneke dok’ lanjut ibunya… saya tetap tersenyum.. ‘lah bu,, bukannya bapaknya namanya anderson?’ …’iya dok,,anderson,,tapi saya panggil soni’… wkwkwkwk barulah saya ngakak (hihi jangan dicontoh ya,,wanita tidak baik tertawa ngakak ;p)

satu bumil selesai,, selanjutnya bumil kedua,,,perkiraan si lahir jam 6-an…jadi  T.T gak bisa sepeda2an…akhirnya sambil menunggu bukaan lengkap saya memutuskan untuk menghadapNya,, shalat malam-tadarus bentar-shalat subuh…doa yang yang dipanjatkan?? hihihi terutama “Allahumma inni uridu an atazawwaja……” dan seterusnya hihihi..ra sah diartikan,,, doa wajib para jombloer…-.-‘

akhirnya jam 5.20 wita mulai memimpin bumil ke2..fwiuh,, ni persalinan lama banget,,, ibunya ga pinter ngejen,,, dia kalo ngejen bukan diarahin dibawah, tapi cuman dikumpulin di kepalanya doang,,so, kalo ada aba2 ‘ayo bu,,menejan’ yang ada mukanya aja yang merah n tembem,,babynya dibawah gak maju2 (alias gak keluar keluar),, ,,, pas di kontrol DJJnya (denyut jantung bayi) eh,,ko melemah,, si ibu pun akhirnya rada2 takut kalo babynya mati,,cara mengejannya agak2 mulai membaik,,tapi bentar aja abis itu mulai pesimis “duh dok sudah tidak kuat saya,,saya tidak bisa..” ‘bisa bu,,ibu pasti bisa’  mau tidak mau dibantu dengan dua bidan dengan ‘manuver tertentu’ yang terpaksa digunakan karena bayinya distress (DJJnya sudah melemah) dan si ibu tidak dapat mengejan dengan baik…fwiuhh….akhirnya setelah dua jam terjepit di jalan lahir Alhamdulillah bayinya lahir jam 07.20 laki-laki BB 2900 PB 45cm (padahal kecil yah,,,) dan untung tidak ada robekan so ndak usah jahit menjahit hehehe…(oya tebakanku Alhamdulillah bener lagi😀, saya menebak baby-nya laki-laki..tentu saja setelah melihat ‘hal2’ tertentu ;p)

blum sempet mandi dari sejak bangun pagi,,ditambah kecipratan air ketuban sana sini,,dkit2 kayaknya ada darah n lendir (yaksss,,, ga usah dibayangin),, dari meja depan ana nyaut ‘dok ada pasien‘ euh,,,pengen mandiiii dulu rasanya tapi saya jawab ‘oya oke na’… berhubung ni klinik cuman punya dua ruangan yang bertempat tidur: ruang periksa umum dan ruang bersalin,,dan semua dihuni bumil2 yang baru saja melahirkan jadinya saya terpaksa menerima dan memeriksa pasien diruang depan,,dan pasien2nya pun maklum,,,(hehehe untung rasa kekeluargaannya masih bagus)..dan tentu saja pasiennya maklum juga dengan dokternya yang penampilannya amat sangat acak-acakan :p

P.S saya tidak ikut nampang karena tidak memakai jilbab dan amat sangat acak-acakan..n ambune hmmm,,,rasah dibayangke