Apa yang terpikirkan dari judul di atas??? apakah saya sedang bersemangat?? atau saya sedang menyuruh seseorang atau pikiran pergi?? atau saya sedang teringat dengan bimbingan belajar yang dulu saya ikuti (baca: ganesha operation) hihihi bukan ketiga-tiganya ;p

Baca judul diatas dengan huruf terpisah! “Ge-Oo” hmm ada yang gak tau?? hmm mungkin bagi kaum hawa ini kosakata baru,,tapi kaum adam kalo gak tau ada dua kemungkinan,,terlalu alim bijaksana atau memang kuper😀. GO (baca: Ge-Oo) yang saya maksut adalah salah satu penyakit menular seksual yang dikeluhkan dengan adanya kencing bernanah (yakzzz….)

1,5 minggu yang lalu saat pertama saya datang ke klinik ini saya diwanti-wanti sama dokter sebelumnya bahwa disini banyak kasus GO. Nah loh..nah loh,, selama ini tau teorinya tapi gak pernah menemukan kasusnya secara langsung. Hari-hari berlalu dan tidak pernah satupun pasien bernama GO muncul😀,, yang datang di klinik ini pasien2 dengan nama flu, batuk, pusing, demam, pegal linu, kesemutan, hipertensi, bisulan, anyang-anyagen, dan nama-nama umum lainnya. Yang berkaitan dengan “burung” (baca: alat reproduksi eksternal pria) cuman baru 3 kasus: skabies (anak-anak), preputium lecet (anak-anak,,ni cerita sebenernya lucu tapi blm sempet ditulis), trus yang terakhir adalah hydrocele (baca: skrotum membesar, pada pria usia 35an tahun kalo gak salah kemarin itu). Tapi yang namanya GO blum hadir-hadir juga.

Setelah penantian panjang dan lama (kira-kira 1.123.200 detik) akhirnya,,tadi malam muncul juga si GO ini tapi jenis kelaminnya bukan pria,, melainkan wanita,, Begini ceritanya:

(D: saya sendiri, G: pasien GO (wanita sudah menikah, awal 30an tahun) , S:saudaranya si pasien(wanita sudah menikah, 40an tahun))

D: slamat malam ibu, saya dr. Dhita, dr. baru di klinik ini (tetep narsis n exsis :D), ada yang bisa di bantu?
G: iya dok,, begini,, kalo saya kencing kok sakit n panas yah?
D: (mikir: ahh paling isk, kalo ga ya batu,, kalo ga ya vaginitis) oo begitu sudah berapa lama bu? ada demam?
G: iya dok ada demam sudah 3 hari ini
D: sering kencing-kencing (baca: anyang-anyangen) kah bu??
G: gak dok,,,(isk coret..)
D: sudah pernah begini sebelumnya? ada nyeri atau sakit di daerah perut yang menjalar kebawah kah bu? nyerinya sebelum, saat kecing, atau diakhir kencing?
G: belum pernah dok, ini pertama kalinya,,gak ada nyeri yang menjalar,, ya pokoknya selama kencing sakitlah (batu saluran kencing coret…)
D: ada keputihan bu? gatal-gatal di daerah vagina n mulut vaginanya?
G: ya suka keputihan si dok,, gatal-gatal gak ada
D: Ooo begitu..keputihannya terus menerus atau pas disekitaran waktu akan haid? warnanya kuning ato ijo atau kayak pecahan susu keju, trus bau ga busuk ga?
G: hmm iya dok cuman disekitaran waktu haid aja,,warnanya ya bisa aja si terus gak berbau busuk
D: Ooo… begitu. Itu mah normal bu,, fisiologis…(vaginitis coret)
G: lah terus ini kenapa dong dok?
D: (mikir: yah si ibu,,ane juga bingung), suami ada keluhan serupa??
G: gak ada tu dok…
S: (akhirnya nyeletuk juga)… nah itu nah bu,,dia kayak begitu setelah bercampur dengan suaminya…
D: lah ibu baru saja menikah?
G: hmm…..
S: (nyosor…) gak dok sudah lama dia nikah..tapi suaminya kan pelaut kemarin itu baru saja pulang,,trus setelah bercampur jadinya kencingnya begitu nah,,,sakit..
G:(diam seribu bahasa)…
D: (menampilkan muka serius sambil menyimak saja,, hehehe,,,gue suka gaya lo bu S,,ayo teruskan ceritalah selengkap2nya)
S: (melanjutkan penyosorannya) selain sakit, itu nah keluar cairan kental,,
D: (ting tong..) cairan kental?? nanah kah itu bu..?
S: mungkin nah bu,,(sambil nyolek si bu G)
D: (menatap si bu G).. iya kah bu??
G: (terdiam membisu sambil mengangguk angguk)
D: (akhirnya,,) hmm gitu ya bu,, jadi kesimpulannya ibu demam, kencing bernanah dan sakit,, terjadi setelah bercampur dengan suami..
G: (masih dengan ilmu kebatinannya..mengangguk-angguk)
D: (saya ukur demamnya 38,5 derajat,,puanasee rek,,saya tidak memeriksa organ reproduksinya karena dari anamnesis sudah menjurus ke situ,,dan pasien juga keberatan)
D: begini bu,, penyakit ibu termasuk dalam penyakit2 menular seksual atau biasa disebut PMS,,kalaupun mungkin suami tidak memberikan tanda apapun mungkin saja suami memamang termasuk golongan asimtomatis maksutnya punya penyakit tapi tidak menimbulkan gejala.. Gejalanya memang biasanya kencing bernanah,,dan penyakitnya kemungkinan besar adalah Gonorrhea atau GO..
G: (tampak shock dan ingin menangis,,tetap diam seribu bahasa)
D: pengobatannya ini,, mau gak mau harus antibiotik…ada yang diminum ada juga yang nanti saya suntikan di bokong kanan dan kiri.. bagaimana bu?
G: iya dok,,terserahlah (tampak pasarah sudah dia)
D: dan kalau bisa jangan bercampur dulu dengan suami dan sebaiknya suami besok dibawa untuk mendapatkan pengobatan juga,
G: dia sudah kembali berlayar dok (tak berekspresi)
D: ya sudah kalau begitu, hubungi saja suaminya agar dia bisa mendaptkan pengobatan dimanapun dia berada
G: (ngangguk-angguk) meneh,,,

Nah akhirnya si bu G saya suntik Kanamicin 2 gram boka-boki (bokong kanan kiri), pas saya suntik dia menangis,, sakit memang kalau disuntik tapi sepertinya lebih sakit lagi hatinya karena kemungkinan sang suami telah mengkhianatinya selama ini (beuuhhh bahasane..)

Akhirnya pasien GO pertamaku berlalu dengan mengantongi antibiotik doxcycyclin n ciprofloxacin. Ternyata pas sebelum klinik tutup saya diberitahu bu Ami kalo nanti ada pasien yang mau beli obat kanamicin ,,hehehe pas saya tanya “kok gak sekalian disuntik aja disini?”…bu Ami jawab “iya dok,, ndak papa itu pasiennya dr. Ida dia malu kalo disuntik disini” ya sudah.. hehehe..

Dan pagi ini,, sebelum jam resmi praktek pagi saya buka,,kira2 masih jam 7an ada pasien bapak2 35 tahun datang…” Ada yang bisa saya bantu pak?”, “Iya dok,, ini ni saya kena penyakit”,” Penyakit apaan pak?”, ” penyakit laki-laki”, heh!? emang ada ya namanya penyakit laki-laki,,, “kencingnya bernanah kah pak?”, “ya dok,,”, “sudah berapa hari pak”, “sudah 3 hari”, “oo gt,, sudah pernah seperti ini pak sebelumnya? “, ” belum dok”…boong banget..,”gini pak, ini harus disuntik,, harganya 200 ribu, gmn?”, “oke dok” hihihi,,ckckckckck,,kalau anda tau sebenarnya harganya obatnya cuman berapa pasti kaget,, ini cuman buat efek jera,,soalnya kalau dimurahin yang ada dia bakal dengan gampang “maen-maen” aja terus,,,
Fwiuh,,,bener juga di daerah sini banyak yang namany GO,, tapi kalau dipikir-pikir ya wajar lah ya,,lha wong disini banyak orang2 perusahaan berduit tapi mungkin jauh dari istri, atau juga jomblo2 kurang iman,, dan  juga dekat dengan sarkem di daerah Badak IV..surga duniawi..