sebenernya pengen nulis ini dari sebelum brangkat ke kaltim,, untuk mengenang jasa2 erika😀.. hehe dia adalah konsultan yang berhubungan dengan komputer terbaik dan termurah hihihi (tidak ada uang jasa,, tapi akan selalu saya ganti dengan doa yang terbaik untuknya InsyaAllah)..

minggu terakhir di jogja adalah waktu yang saya gunakan untuk memenuhi daftar-daftar yang masih belum terpenuhi,, dari banyak item salah satunya adalah hal-hal yang saya perlukan untuk tetap update informasi-informasi penting (baca: facebook, blogging, dan chatting :p), yaitu netbook dan modem..

untuk masalah modem alhamdulillah tidak usah terlalu pusing2 mengeluarkan kocek hehehe,, berkat kakak iparku yang baik, dia melungsurkan modem yang sangat berharga untuk saya.. Modem yang diberikan tu SpeedUp SU-8100U yang didalamnya berisi katu telkomselflash. Dan untuk netbook alhamdulillah juga tidak ada masalah karena dapat diselesaikan dengan urunan sama emak saya.

Yang jadi masalah utama adalah koneksinya. Netbook saya OS-nya adalah windows 7, yang ternyata amat sangat tidak bersahabat dengan modem saya, tidak pernah bisa terkoneksi padahal drivernya sudah terinstal..Usut punya usut ternyata memang modem kayak gini driver bawaannya tu blm menyuport OS yang windows 7…Sempet down si gara2 masalah ini, karena berarti saya kudu merogoh kocek yang sudah amat sangat menipis T.T

Nah disinilah pertolongan Allah (yang amat sangat mengerti keadaan ekonomi hambaNya ini) datang melalui sahabatku yang amat sangat baik suka menolong dan tidak sombong (baca: erika). Setelah membantu mencari dan memilih2 netbook dia juga segera mencari solusi buat masalah modem saya ini padahal dia lagi menghadapi minggu2 menjelang pendadaran (maapkan saya erika :p). Dan setelah browsing ngalor ngidul sampailah dia pada artikel ini, tapi karena saya lola (baca: loading lama) butuh beberapa waktu untuk memahaminya.

Hal yang saya simpulkan dan yang saya mengerti dari link tsb adalah yang tertulis di paragraf terakhir,, jadi akhirnya saya coba masukkan kode IMEI-nya… dan ternyata hasilnya kode IMEI saya belum teregistrasi..pupuslah sudah harapan saya untuk mendapatkan modem tanpa merogoh kocek lagi…

Tapi ternyata Allah Maha Mendengar dan Maha Pengasih,,,keesokan harinya dengan santai erika bertanya (lewat YM) yang kira2 seperti ini “Gmn dhit modemnya dah jalan??”.. “Blm rik,,kode IMEI modemku ternyata belum teregistrasi”..dan erika menanggapi “Oh gt,, lha kalo cara yang pertama gmn? ga berhasil po?” lalu saya jawab dengan begonya “heh!? cara pertama??emang ada berapa cara?”….

Ola..la..(vit..) ternyata link tersebut memberikan dua cara,, yang saya simpulkan adalah cara kedua,,(harap maklum para pembaca terhadap ke ‘oon-an saya yang satu ini). Ternyata cara pertamanya adalah kita membuat koneksi baru model Dial-Up ke Modem SU-8100U dengan cara (yang lagi-lagi erika yang memberikan pengarahan) sebagai berikut:

1. tetap menginstal driver internal bawaan modem SU-8100U sampai ada icon di desktop saya muncul..

2. memasukkan keyword

3. menunggu instalasi telkomselflash..sampai muncul bar signal telkomselflash

4. melakukan koneksi tapi tidak dengan mengklik tombol “connect” di jendela koneksi telkomflash,, tetapi saya membuat koneksi baru “dial up” (kontrol panel-network and sharing center-set up a new connection or network-set up a dial-up connection-bisa sudah ada modem speed up/bs blm ada tidak masalah keduanya klik aja next-user name/password kosongin aja isi aja dial u numbernya *99# udah deh tinggal dikoneksikan saja,,,)

Alhamdulillah ternyata berhasil n sampe sekarang lancar2 saja berinternet ria..^^

tulisan ini saya dedikasikan untuk erika sebagai ucapan terimakasih saya atas bantuan tanpa pamrihnya selama ini..miss u so much rik..