Ts yang terhormat,,, ngerasa gak si kalo pas abis lulus dokter keadaannya beda dari bayangan kita,,, yups ternyata kita juga kudu ngalamin yang namanya ‘cari kerja’ walopun sepertinya si gak terlalu sulit tapi mungkin kita lebih ke arah ‘memilih kerja’ ada kerjaan tapi kita bingung milih yang mana….

Sebagian besar mungkin setelah lulus gambarannya ada dua: bekerja atau sekolah lagi… Kalo kebanyakan dari teman saya pilihan pertama adalah sekolah lagi, tapi karena persyaratan sekarang mengharuskan mereka memiliki pengalaman kerja jadi mau gak mau mereka kudu tetep kerja dulu sebagai formalitas saja selama setengah sampai satu tahun..tujuan mereka bukan duit sepertinya, tetapi lebih ke arah pemenuhan prasyarat PPDS (program pendidikan dokter spesialis), karena duit bagi mereka bukan merupakan hal yang prioritas. Sebgaian besar dari mereka biasanya adalah orang2 yang beruntung masih punya sokongan dana dari orang tua dan tentu saja orang yang rajin dan senang belajar..:D

Nah kalo saya sendiri si orang yang memilih bekerja sebagai pilihan pertama dan sekolah lagi sebagai pilihan kedua atau malah ntah pilihan ke berapa,,karena pertama, saya merasa masih belum siap untuk kembali ke bangku sekolah lagi selama 4 tahun kedepan setelah melewati 6 tahun sebelumnya di bangku yang sama T.T dan saya akui itu berat loh,,,Alasan kedua, pengen punya duit sendiri tentunya..hahaha ini gara2 emak saya yang ntah mengapa saya merasa beliau sudah berinvestasi cukup banyak pada diriku ini jadi mau gak mau saya sudah harus bisa menghasilkan saat ini😀 Kalo si papi si sebenernya pengen saya nerusin PPDS aja langsung..tapi dengan alasan yang pertama tadi saya menolak dengan halus keinginan pria baik ini …

Karena pilihan pertama saya adalah bekerja so,,mau gak mau mulai deh mencari pekerjaan… ada yang bilang dokter kalo cari kerja mah gampang,, heuheuheuheu emang iya si,,,tapi masalahnya 3 bulan yang lalu belum mengantongi STR jadi ya kudu cari yang tidak terlalu resmi :D… dan ternyata memang juga tidak sulit kok asal dicari,,,Ada beberapa pilihan tidak resmi yang bisa dipilih di daerah jogja ini:

1.Yang gak suka gawat2 an: bisa dokter praktek pengganti di apotek n di klinik non 24 jam😀

2. Yang suka gawat2 an: bisa di puskesmas terutama puskesmas yang dijadikan tempat magang sebelumnya, bisa juga di rumah sakit swasta yang tidak terlalu besar..

3. Yang gak suka klinik blas: bisa deh tu jadi: bagian akademik, skills lab, asisten dosen.. Ladangnya si kebnyakan pada milih di Univ2 Swasta hehehe..

tiap pilihan ada penggemarnya masing2,,malahan kebanyakan si yang otak encer dan teknik ok menggabungkan ketiga pilihan itu,,,Kalo saya sendiri lebih memilih poin pertama,,bersantai sampai STR keluar ^^V